Langsung ke konten utama

SEJARAH KABUPATEN KEEROM,PAPUA-INDONESIA

SEJARAH KABUPATEN KEEROM,PAPUA-INDONESIA

Sejarah  Kabupaten Keerom,Papua -Indonesia

Kabupaten Keerom dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2002 tentang Pembentukan Kabupaten Sarmi, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Waropen, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Bouven Digul, Kabupaten Asmat, Kabupaten Mappi, Kabupaten Teluk Wondama, Kabupaten Teluk Bintuni, di Provinsi Papua (Lembaran Negara Tahun 2002 Nomor 129, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4245), dengan luas wilayah 9.365 Km².
Tata letak Kabupaten Keerom secara geografis berbatasan langsung dan berada memanjang di daerah perbatasan Republik Indonesia dengan Negara Papua New Guinea (PNG). Sedang secara Astronomis terletak pada 2037’00” - 400’0” LS, dan 140015’0” - 14100’0” BT. Kabupaten Keerom memiliki batas-batas wilayah administrasi sebagai berikut :
- Sebelah Utara berbatasan dengan Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.
- Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Pegunungan Bintang.
- Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Jayapura.
- Sebelah Timur berbatasan dengan Negara Papua New Guinea (PNG).
Pada awal pembentukannya Kabupaten Keerom terdiri dari 5 (lima) distrik (Distrik Arso, Skanto, Waris, Senggi dan Web) dengan 48 kampung. Pada tahun 2007 berkembang menjadi 7 (tujuh) distrik dan 61 kampung dengan tambahan Distrik Arso Timur dan Towe, serta pada tahun 2014 dicanangkan untuk pemekaran distrik menjadi 11 (sebelas) distrik dan 91 kampung dengan penambahan Distrik Arso Barat, Mannem, Yaffi, dan Kaisenar yang realisasinya baru dilaksanakan di tahun 2015 akhir.

Komentar

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~ :))

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAUN GATAL OBAT TRADISIONAL MASYARAKAT PAPUA

DAUN GATAL OBAT TRADISIONAL MASYARAKAT PAPUAKeerom - Papua tidak hanya dikenal karena keragaman 250 suku dan bahasa, wilayah paling timur Indonesia itu juga menyimpan obat-obatan tradisional berupa daun gatal (Laportea ducumana) yang dalam bahasa warga lokal keerom(suku MM) disebut daun plap.Daun gatal salah satu mutiara terpendam dari Tanah Papua yang sudah terbukti khasiatnya sebagai obat alternatif kesehatan masyarakat lokal keerom. Daun gatal adalah tumbuhan alam hutan asli Papua dari famili Urticaceae yang memiliki bulu atau duri halus di permukaan daun.Walaupun di Indonsia daun gatal belum terlalu populer, akan tetapi untuk masyarakat di Papua daun gatal adalah yang nomor satu di Tanah Papua.Daun gatal adalah obat yang mujarab dan dipercaya dapat menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan, seperti pegal-pegal, kurang enak badan, nyeri, sakit perut, sakit kepala, dan masih banyak lagi.Keunikan daun gatal jika digosok akan menimbulkan gatal-gatal pada kulit, akan tetapi ketika selesa

UPACARA TERMOFOL SEBAGAI PERAYAAN KEAGAMAN

''Upacara termofol biasa di rayakan oleh orang Yaffi,mendiami di wilayah perbatasan RI-PNG.Termofol adalah salah satu peninggalan leluhur mereka. Dan merekan meyakini bahwa termofol merupakan salah satu perayaan keagamaan.Orang Yafi,Web sebelum bersentuhan atau kontak dengan orang luar mereka selalu merayakan termofol.Dikatakan termofol sebagai perayaan keagamaan karena kesempatan dalam merayakan termofol mereka mengungkapkan kepercayaan mereka kepada Afa Nalekam(ujud tertinggi,dalam bahasa MM) mengadakan rekonsiliasi dan membangun relasi antara leluhur dan sanak saudara yang sudah meninggal dengan orang-orang yang masih hidup. Dalam ada 2  upacara termofol penting yang biasa dilakukan yaitu: 1.Pengangkatan tengkoral dan penyimpanan di gua batu. 2.Kesempatan mendewasakan para pemuda Dilaksanakan dalam perayaan yang cukup meriah. Ada 3 tahapan termofol yang harus dilakukan yaitu: 1.kepala pendek 2.kepala panjang dan 3.acara inti